connect:

Wednesday, July 21, 2010

Kenapa Harus Sholat,,?


Kenapa Harus Sholat
Oleh : Aris Kurniawan

Alquran merupakan sumber segala ilmu dan tentu saja bagi siapapun yang bisa membaca dan mengamalkan isi kandungannya tentu akan menjadi umat yang maju dalam berbagai bidang olmu pengetahuan dan menjadi umat yang berperadaban tinggi.
Tapi sungguh ironis ketika melihat bangsa Indonesia yang mayoritas penduduknya mengaku islam tetapi masalah di negri ini tak kunjung selesai. Bahkan malah semakin menjadi bangsa yang jauh dari nilai nilai islam.
Kita bisa melihat dari hal hal yang dianggap kecil seperti masalah kebersihan. Karena kebersihan, atau thaharah dalam istilah fiqh, merupakan ajaran yang pertama kali harus diketahui oleh umat islam. Kebersihan merupakan hal yang sangat mendasar yang menjadi awal perkembangan di berbagai bidang yang lain.
Kebersihan tidak mutlak diartikan sebagai kebersihan badan dan lingkungan saja, tetapi lebih dari itu adalah kebersihan hati, pikiran, dan jiwa, yang sesuai dengan teorinya Erbe Sentanu dalam bukunya Quantum Ikhlas, merupakan unsur yang lebih kuat peranan dan pengaruhnya daripada jasmani ataupun materi. Karena semua materi yang ada dikendalikan oleh unsur yang immateri.
Allah berfirman dalam Al-Quran “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur'an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. 29:45)”
Allah menyuruh manusia untuk mempelajari segala ciptaan allah, dan untuk selalu mengingat allah dengan melaksanakan sholat, karena sholat bisa mencegah dari perbuatan keji dan mungkar jika sholat itu dilakukan dengan penuh keikhlasan dan keyakinan, bukan hanya sekedar melakukan gerakan gerakan tanpa penghayatan terhadap apa yang dilakukan.
Makna yang terkandung dalam sholat sangatlah besar karena sholat merupakan hubungan langsung manusia dengan Allah yang perintah dan ketentuannya dijelaskan langsung oleh Allah kepada nabi Muhammad. Tetapi tidak jarang manusia malas melakukan sholat, dan hanya menganggapnya sebagai suatu kebiasaan bukan suatu kebutuhan. Disadari atau tidak inilah yang justru lebih sering terjadi disekitar kita padahal harusnya kita menjadi orang yang pertama mengajak orang lain untuk sholat bersama.

0 comments:

Post a Comment

silakan komen bozz asal sopan ,,, :-)