connect:

Wednesday, May 15, 2013

cara layout model buku (buklet) pake office 2010

software pengolah kata keluaran microsoft ini emang lebih mudah dipake dibanding versi sebelumnya, kecuali pada aktivasinya yg gak cukup kalo cuma pake serial number bawaan. selain nginstalnya juga lebih lama dan makan space yg lebih gede sekitar 2 giga.
tapi untuk urusan editing lumayan lah, untuk copy paste sudah ada fitur paste menu layaknya corel draw, juga interface yg lebih mudah dipahami karena dibantu dengan model gambar di menunya.meskipun untuk layout buku masih lebih enak pake indesign, tapi pas ketika itu ketika belum kenalan sama indesign ane layout jurnal reflektika pake office ini,,
untuk format halaman model buku juga lebih gampang. untuk langkah2nya tengok dibawah ini boz
1. yang pertama dan yang paling utama, seting ukuran kertas yang akan dipake, masuk ke tab menu "page layout" lanjutkan ke kotak pojok kanan bawah, klik disitu



2. setelah itu d kotak dialog page setup atur multiple pages menjadi "book fold" untuk buku model staples tengah, atau reverse book fold untuk buku berbahasa arab. sebenarnya bisa juga pake "2 pages per sheet'' cuma pas ngeprin harus masukin nomer halaman manual.
setelah itu setting ukuran batas tepi sesuai keinginan, kalo mau ngirit kertas pake seting kaya dibawah ini boz
3. setelah margin selesai, tinggal seting ukuran kertas yg mau dipake,, umumnya kertas yang dijual di sekitar kita adalah ukuran letter, a4, dan f4. kalo mau ngirit pake f4 karena ini yang paling panjang, cuma masalahnya sudah menjadi paradigma umum kalo kertas f4 itu disebut kertas legal, padahal itu ilegal,,, eh, itu aslinya f4, karena kertas legal itu ukurannya 21,59x35,56 cm dan kertas f4 21,5 x 33 cm. jadi sekali lagi saya tegaskan di indonesia gak ada yang jual kertas legal (belum pernah nemu soalnya gan,,). nah karena di office gak ada ukuran f4 gak kaya di corel draw, maka kita pake seting kertas manual, istilah kerennya ''custom size", isi sendiri lah width sama height (artinya jangan nanya ke operator, mending buka kamus aja kan bukan ujian jadi gak papa)
4. kalo udah selese nyeting ukuran kertas kan langsung keliatan itu d interface officenya (opolah interface itu) tapi bukan lonjoran panjang kaya kertas biasa di seting landscape, tapi ini jadi kotak karena yang keliatan adalah setengah kertas jadi satu halaman, nanti nggabung sendiri pas ngeprin.
selanjutnya yang tak kalah penting adalah pengaturan nomor halaman beserta pelengkap dan hiasannya. untuk masalah ini silakan anda masuk ke tab menu "insert" kemudian menuju ke "page number" tinggal pilih mana yang juragan suka nanti kirim tagihannya ke saya (opo lah). biasanya ane pake yg d bawah halaman, "bottom of page" nah disitu ada model 1,2,atau 3, tergantung kursor tadi ente taroh dimana,, kalo di halaman satu pake yang tipe 3, jadi nomornya di sebelah kanan. soalnya nanti dibikin beda penomorannya antara yang halaman genap sama yang ganjil.

5. untuk seting nomor halaman biar kanan kiri posisinya beda, masuk ke menu design, yang muncul hanya ketika kursor ada di tempat halaman berada yaitu header atau footer. langsung centang menu "different odd & even pages" yang artinya adalah genap ganjil beda nomor. biasanya salah satu nomor halaman ilang dari muka bumi,, tinggal klik di tempat hilangnya dan insert halamannya lagi sesuai posisi yang tadi

6. nah kalo sudah selese bisa ditambahin tulisan disamping halaman itu kalo mau, sekali ketik muncul di semua halaman. dan untuk seting halaman yang berbeda dalam satu dokumen bisa pake fitur "page break". seting kaya gini biasanya dipake di buku-buku. beberapa halaman pertama menggunakan penomoran romawi (i,ii,iii, dst) dan halaman berikutnya pake nomor biasa (1,2,3, dst). untuk itu silakan masuk ke tab menu "page layout" lanjutkan ke pilihan "breaks", jangan ketuker di menu "insert" karena disitu ada juga menu "breaks", setelah itu pilih menu "next page"
7. kalo udah tinggal masuk ke menu pengaturan halaman, jangan lupa klik 2x dulu halamannya biar bisa ngatur,, tinggal sesuaikan nomor sesuai yg diinginkan


8. untuk ngeprin langsung tekan ctrl+p seperti biasa,, cuma disini gak bisa seting halaman,, harus all pages, jadi sekali jalan gak boleh gagal, cuma bisa nyeting di printer kaya ukuran kertas sama kualitas tinta, dan untuk kertasnya masukin satu2 boz, soalnya ngeprinnya bolak balik,, satu sisi kertas keluar terus masukin ke printer lagi,,,

9. masalah yang kadang muncul biasanya pas ada gambar di dokumen,, pas nyetak gambar itu pindah ke halaman sebelah,, untuk office 2010 bisa ke menu file> option, nah di word option tu centang tanda print background color and image di menu display>printing option


yaa mungkin segitu dulu mas bro mbak bro, agan sista, untuk tutorial kali ini,, (sebelumnya jarang bikin soalnya,, hehe) jika ada kekurangan mohon ditambahi jika ada kelebihan mohon dikurangi, tetap berbagi ilmu kepada para netter, karena ane juga belajar kepada para netter dan blogger. dan tetep berani mencoba (berani salah, jangan berani berbuat kesalahan)
(ariskurniaz)

14 comments:

  1. assalamu'alaikum...
    kak, maaf kalo misalnya pengen dari sebelah kanan kaya surat yasin gitu .. gimana caranya?

    ReplyDelete
  2. di multiple pages pake reverse book fold,, diatas ada d nomer 2,, untuk tulisan arab kan ya,,

    ReplyDelete
  3. Teman - teman kesulitan untuk Belajar Komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, Master Komputer, Kursus Online

    Ayah, Bunda..butuh guru untuk mengajar anak-anak dirumah ? kami memfasilitasi 1000 guru untuk anak-anak ayah dan bunda datang kerumah, silahkan kunjungi website kami di smartsukses.com, Bimbingan Belajar, Les Private

    ReplyDelete
  4. Untuk jasa layout profesional dan termurah, bisa mampir dan cek disini :
    https://malkasmedia.wordpress.com/2015/04/27/jasa-layout-buku-murah/

    ReplyDelete
  5. masalah yang saya hadapi dan bikin saya keder adalah....
    ketika diprint tiap sectionnya malah pisah (tidak menyatu), jadi keluarnya Acak-acakan,,, mohon solusinya mas

    ReplyDelete
  6. coba di ubah setting di word\options\advanced\ scroll ke bawah ada menu print kalo gambar juga pindah halaman, seting printer pake default cuma diubah pengaturan halaman

    ReplyDelete
  7. bos tanya saya dah print baru satu sisi trus tinta abis, saya cancel...molanjutin print sisi laennya gimana ya

    ReplyDelete
  8. gan ko reverse bookfoldnya ga ada yaa???
    cuma bookfold aja

    ReplyDelete
  9. gimana caranya supaya halaman 1 ada di posisi kanan bukan kiri, marginnya jadi lebar di kiri..dari tadi margin kirinya sempit, padahal yang mau dijilid sebelah kiri :((

    ReplyDelete

silakan komen bozz asal sopan ,,, :-)