connect:

Sunday, February 5, 2017

khutbah - hijrah



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ
الخُطْبَةُ الْأُوْلَى
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ خَلَقَ اللَّيْلِ وَ النَّهَارْ خِلْفَةً لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يَذْكُرَ أَوْ أَرَادَ شُكُورَا وَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ, وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ اللَّهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّد وَ عَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ مَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ القِيَامَةُ ... أَمَّا بَعْدُ
قَالَ اللهُ تَعَالَ فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْم: (يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ)
Jamaah sholat jumat yang dirahmati Allah
Pertama khatib mengajak kepada diri khatib pribadi dan kepada jamaah sekalian untuk senantiasa meningkatkan taqwa kita kepada Allah, yang salah satunya adalah dengan memperhatikan apa yang sudah kita perbuat untuk hari esok. Sebagaimana firman Allah diatas dalam surah Al-Hasyr yang artinya
“Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”
Shalawat serta salam marilah selalu kita sanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya, serta orang-orang yang mengikuti sunnah-sunnahnya hingga akhir zaman.
Jamaah sholat jumat rahimakumullah
Hari ini kita sudah berada di penghujung tahun hijriyah, dan tinggal satu dua hari lagi kita akan memasuki hitungan tahun yang baru, 1438H. Tahun hijriyah merupakan penanda bahwa sudah lebih dari 1400 tahun ketika Nabi Muhammad SAW dulu hijrah dari mekah menuju yatsrib, yang sekarang disebut madinah.
Makna hijrah bukan hanya sekedar berpindah tempat dari satu kota ke kota yang lain. Atau istilah yang biasa kita dengar adalah merantau dari desa menuju ke kota. Tetapi lebih dari makna hijrah adalah meninggalkan apa-apa yang dilarang oleh Allah. Sebagaimana perkataan dari Abdullah bin 'Amru bin al-'Ash radhiallahu 'anhuma, bahwa: "Rasulullah s.a.w. bersabda: "Seorang Muslim itu ialah orang yang kaum Muslimin lainnya selamat dari gangguan lisan dan tangannya -yakni selamat dari kekejaman perkataan serta perbuatannya-. Seorang muhajir -yang hijrah ialah orang yang meninggalkan apa-apa yang dilarang oleh Allah." (HR. Muttafaq 'alaih)
Dalam sejarah dikatakan bahwa dari hampir 23 tahun masa kerasulan Nabi Muhammad, 13 tahun lamanya beliau habiskan untuk berdakwah di kota mekah, kota tempat kelahiran beliau sendiri. Tetapi masa 13 tahun tersebut tidak banyak orang yang mengikuti ajaran islam. Sedangkan ketika 10 tahun masa dakwah di kota madinah, umat islam berkembang sedemikian banyak hingga dapat menaklukkan kota mekah dalam fathul makkah.
Makna dari peristiwa tersebut adalah, adakalanya kita tidak bisa berbuat banyak di tanah kelahiran kita sendiri. Padahal disamping kanan kiri adalah keluarga, sahabat, teman, dan saudara yang sudah kita kenal sejak lahir. Oleh karena itu, ada masanya kita perlu keluar meninggalkan tanah kelahiran, meninggalkan desa, kota, atau bahkan negara tempat kelahiran kita sendiri menuju desa lain, kota lain, ataupun negara lain. Untuk bertemu dengan orang-orang yang belum pernah kita kenal, tinggal di tempat-tempat yang belum pernah kita lihat, makan makanan yang belum pernah kita rasakan.
Sebagaimana firman Allah dalam surah An-Nisa ayat 100
وَ مَنْ يُهَاجِرْ فِي سَبِيْلِ اللهِ يَجِدْ فِي الْاَرضِ مُرَّا غَمًا كَثِيْرًا وَ سَعَةً وَ مَنْ يَخْرُجْ مِنْ بَيْتِهِ مُهَاجِرًا إلَى اللهِ وَ رَسُوْلِهِ  ثُمَّ يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ أجْرُهُ عَلَى اللهِ وَكَانَ اللهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا
Yang artinya: Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Jamaah sholat jumat yang dirahmati Allah
Setelah Nabi Muhammad SAW hijrah ke madinah. Delapan tahun kemudian, yaitu tahun 8H, rasulullah melakukan pembebasan kota mekah, yang dikenal dengan fathul makkah. Menurut beberapa riwayat ketika itu rasulullah bersama sekitar 10.000 umat islam bergerak dari madinah menuju kota mekah dan berhasil menguasai kota mekah tanpa pertumpahan darah.
13 tahun lamanya rasulullah berdakwah di kota madinah tetapi hanya segelintir orang yang mengikuti ajakan beliau. Tetapi baru tahun ke delapan saja setelah rasulullah hijrah ke madinah, umat islam menjadi puluhan ribu. Dan mampu menguasai kota kelahiran yang dulu pernah beliau tinggalkan yaitu mekah.
باَرَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ وَالسُّنَّةْ، وَنَفَعَنَا بِمَا فِيْهِمَا مِنَ الْآيَاتِ وَالْحِكْمَةْ، أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا، وَأسْتَغْفِرُ اللهَ تَعَالَى لِيْ وَلَكُمْ.
اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَزِدْ وَبَارِكْ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيْنَ الطَّاهِرِيْنْ، وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنِ الْأئِمَّةِ الْمَهْدِيِّيْنْ، وَالْخُلَفَاءِ الْمَرْضِيِّيْنْ: أبِيْ بَكْرٍ، وَعُمَرْ، وَعُثْمَانَ، وَعَلِيٍّ، وَعَنْ سَائِرِ صَحَابِةِ نَبِيِّكَ أجْمَعِيْنْ، وَمَنْ سَارَ عَلَى نَهْجِهِمْ وَاتَّبَعَ سُنَّتَهُمْ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنْ.
اَللَّهُمَّ أَعِزَّ الْإسْلَامَ وَالْمُسْلِمِيْنْ، وَاخْذُلُ الطُّغَاةِ وَالْمُلَاحِدَةِ وَالْمُفْسِدِيْنْ، اَللَّهُمَّ انْصُرْ دِيْنَكَ وَكِتَابَكَ، وَسُنَّةَ نَبِيِّكَ، وَعِبَادَكَ الْمُؤْمِنِيْنْ.
اَللَّهُمَّ أبْرِمْ لِهَذِهِ الْأمَّةَ أَمْرَ رُشْدٍ يُّعِزُّ فِيْهِ أَهْلُ طَاعَتِكْ، وَيُهْدَى فِيْهِ أهْلُ مَعْصِيَتِكْ، وَيُؤْمِرُ فِيْهِ بِالْمَعْرُوْفْ، وَيُنْهَى عَنِ الْمُنْكَرِ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنْ.
اَللَّهُمَّ مَنْ أرَادَ الْإسْلَامَ وَالْمُسْلِمِيْنَ بِسُوْءٍ فَأشْغِلْهُ بِنَفْسِهِ، وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ، وَاجْعَلْ دَائِرَةَ السَّوْءِ عَلَيْهِ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنْ.
اَللَّهُمَّ انْصُرْ المُجَاهِدِيْنَ فِي سَبِيْلِكَ فِي فِلَسْطِيْنْ، وَفِي بِلَادِ الشَّامْ، وَفِي كُلِّ مَكَانٍ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنْ، اَللَّهُمَّ فُكَّ حِصَارَهُمْ، وَأصْلِحْ أحْوَالَهُمْ، وَاكْبِتْ عَدَوَّهُمْ.
اَللَّهُمَّ حَرِّرَ الْمَسْجِدَ الْأقْصَى مِنْ ظُلُمِ الظَّالِمِيْنْ وَعُدْوَانِ الْمُحْتَلِّيْنْ.
اَللَّهُمَّ أصْلِحْ أحْوَالَ الْمُسْلِمِيْنَ فِي كُلِّ مَكَانْ، اَللَّهُمَّ أصْلِحْ أحْوَالَهُمْ فِي سُوْرِيَا، وَفِي الْعِرَاقْ، وَفِي الْيَمَنْ، وَفِي فِلَسْطِيْنْ، وَفِي كُلِّ مَكَانٍ، اَللَّهُمَّ اَجْمَعْهُمْ عَلَى الْحَقِّ وَالْهُدَى، اَللَّهُمَّ احْقِنْ دِمَاءَهُمْ، وَآمِنْ رَوَعَاتُهُمْ، وَسُدَّ خِلَّتَهُمْ، وَأطْعِمْ جَائِعَهُمْ، وَاحْفَظْ أعْرَاضَهُمْ، وَارْبِطْ عَلَى قُلُوْبُهُمْ، وَثَبِّتْ أقْدَامَهُمْ، وَانْصُرْهُمْ عَلَى مَنْ بَغَى عَلَيْهِمْ.
اَللَّهُمَّ وَفِّقْ وَلِيَّ أمْرِنَا فِي بِلَادِنَا هَذَا لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، وَخُذْ بِهِ لِلْبِرِّ وَالتَّقْوَى، اَللّهُمَّ وَفِّقْهِ وَنَائِبَيْهِ وَأعْوَانَهُمْ لِمَا فِيْهِ صَلَاحُ الْعِبَادِ وَالْبِلَادِ.
اَللَّهُمَّ وَفِّقْ وِلَاةَ أُمُوْرِ الْمُسْلِمِيْنَ لِتَحْكِيْمَ شَرْعِكَ، وَاتِّبَاعِ سُنَّةِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ -، وَاجْعَلْهُمْ رَحْمَةً عَلَى عِبَادِكَ الْمُؤْمِنِيْنْ.
اَللَّهُمَّ انْشُرِ الْأمْنَ وَالرَّخَاءَ فِي بِلَادِنَا وَبِلَادِ الْمُسْلِمِيْنْ، وَاكْفِنَا شَرَّ الْأشْرَارْ، وَكِيْدَ الفُجَّار، وَشَرَّ طَوَارِقَ اللَّيْلِ وَالنَّهَارْ.
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ(البقرة: 201)،
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ ذُنُوْبَنَا، وَاسْتُرْ عُيُوْبَنَا، وَيَسِّرْ أمُوْرَنَا، وَبَلِّغْنَا فِيْمَا يُرْضِيْكَ آمَالَنَا.
اَللّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَوَالِدِيْهِمْ وَذُرِيَّاتِهِمْ، وَأزْوَاجِنَا وَذُرِيَّاتِنَا، إنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءْ.
اَللّهُمَّ احْفَظِ الحُجَّاجَ وَالْمُعْتَمِرِيْنْ، وَرُدَّهُمْ إلَى أهْلِيْهِمْ سَالِمِيْنَ غَانِمِيْنْ، وَتَقَبَّلَ مِنَّا وَمِنْهُمْ وَمِنْ جَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنْ.
رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إنَّكَ أنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمْ، وَتُبْ عَلَيْنَا إنَّكَ أنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمْ.
سُبْحَانَ رَبِّنَا رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنْ، وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنْ، وَالْحَمدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنْ.

1 comment:

silakan komen bozz asal sopan ,,, :-)